KEBERADAAN AGRICULTURAL SOCIETY DAN INDUSTRIAL SOCIETY DALAM INFORMATION SOCIETY

Posted on Monday, May 11th, 2009 at 9:39 am

Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang artinya merupakan hubungan persahabatan dengan yang lain. Society diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implicit, society bermakna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama. Dengan kata lain, society adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah system semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.

Lebih abstraknya, sebuah society adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Society adalah sebuah komunitas yang independent (saling bergantung satu sama lain). Umumnya istilah society digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Society sering dibagi/ diorganisasikan berdasarkan cara utamanya dalam bermata pencaharian. Contohnya : agricultural society, industrial society, dan information society. Tapi ada pula yang membaginya berdasarkan struktur politik. Perkembangan peradaban manusia terasa sangat cepat. Dahulu kita mengenal primitive society. Perekonomian pada masa ini berlangsung secara barter (untuk mendapatkan suatu barang kita harus menukarnya dengan barang juga). Kemudian meningkat ke agricultural society. Yaitu masyarakat yang hidup dengan memanfaatkan sumber daya alam. Kemudian lahirlah industrial society. Dan selanjutnya langsung meloncat menjadi information society. Mengapa dikatakan meloncat? Hal itu terjadi karena kita baru memulai melangkah ke industrial society (masyarakat industri), era informasi sudah datang. Dengan lahirnya era informasi ini, semuanya menjadi murah, cepat, tepat, dan akurat.

Agricultural society merupakan masyarakat yang bekerja dengan cara mengolah Sumber Daya Alam (SDA) seperti angin, air, tanah, dan manusia. Sedangkan sumber daya yang dibutuhkan oleh agricultural society adalah bahan mentah atau alam. Periode ini berlangsung selama 10.000 tahun. Tetapi sampai sekarang agricultural society masih berlanjut di Negara bagian dunia ke tiga. Agricultural society adalah masyarakat yang menggantungkan hidupnya sebagai petani yang merupakan suatu pekerjaan tanpa skill tertentu. Model produksi yang dihasilkan oleh agricultur society adalah pertanian, pertambangan, perikanan, dan peternakan. Institusi sosial mereka adalah bertani. Dasar teknologi yang dibutuhkan oleh agricultural society adalah teknologi yang cara kerjanya secara manual. Prinsip perkembangan dari agricultural society adalah secara tradisional. Komunikasi massa yang mereka gunakan adalah hanya menggunakan media tertulis, seperti Koran. Koran pertama kali diperkenalkan pada tahun 1833.

Industrial society adalah masyarakat industri. Masa industrial society ditandai dengan berubahnya orientasi produksi ke penjualan. Ini berarti aspek menjual barang ke konsumen atau menarik hati konsumen untuk membeli barang harus lebih banyak digarap. Untuk itu mereka mengiklankan produk mereka melalui berbagai media. Pekerjaan industrial society adalah sebagai pekerja/ buruh pabrik. Institusi sosial yang menampung mereka adalah pabrik logam. Periode industrial society ini terjadi selama 200 tahun (sejak tahun 1750 di Inggis). Media yang digunakan oleh industrial society adalah media elektronik, seperti : radio, film, dan televisi. Perkembangan media pada masa itu adalah :

  1. tahun 1844, Samuel Morse pertama kali mengirim pesan melalui telegram,
  2. tahun 1876, Alexander Graham Bell mencipatakan telepon,
  3. tahun 1895, ditemukannya motion picture dan pertama kali film diperlihatkan kepada public,
  4. tahun 1920, pertama kali siaran radio oleh KDKA di Pittsburgh,
  5. tahun 1933, televise di pertontonkan oleh RCA,
  6. tahun 1941, televise komersial pertama disiarkan.

Sumberdaya yang diolah oleh industrial society adalah membuat energi, contoh tenaga listrik, bahan bakar, dan lain-lain. Sumberdaya yang mereka butuhkan adalah modal. Teknologi yang mereka butuhkan adalah teknologi mesin pengolah. Keahlian SDM (Sumber Daya Manusia) yang mereka butuhkan adalah ahli mesin (pekerja dengan skill khusus). Prinsip perkembangan dari industrial society adalah pertumbuhan ekonomi. Model produksi dalam bidang ekonomi adalah produksi, distribusi barang; konstruksi berat.

Information society masih berlangsung sampai sekarang sejak tahun 1955 information society ini pertama kali terdapat di Amerika Serikat. Mereka disebut sebagai information workers atau pekerja informasi. Mereka mencari informasi untuk penelitian di universitas. Elemen yang dihasilkan atau diolah oleh masyarakat informasi adalah informasi (transmisi data dan computer). Teknologi yang mereka butuhkan untuk bekerja adalah teknologi cerdas seperti computer dan barang elektronik lainnya. Sumber daya yang dibutuhkan oleh information society adalah pengetahuan masyarakat informasi. Keahlian Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan adalah pekerja professional (dengan skill tinggi). Prinsip perkembangan information society adalah penerapan pengetahuan dalam teknologi. Model produksi dalam bidang ekonomi adalah transportasi, perdagangan, asuransi, real estate, kesehatan, rekreasi, penelitian, pendidikan, dan pemerintahan.

Information society menggunakan media interaktif, seperti : internet. Internet sangat dibutuhkan oleh information society. Hal itu terjadi karena dengan adanya internet, menjadikan semua aktivitas untuk memperoleh informasi menjadi sangat cepat, efisien, dan lancar. Berikut ini adalah perkembangan era media interaktif dari tahun 1946 M sampai sekarang :

  1. tahun 1946, ditemukannya computer digital pertama di dunia oleh ENIAC 1,
  2. tahun 1947, transistor dikembangkan oleh para peneliti dari Bell Telephone,
  3. tahun 1956, ditemukannya video tape oleh Ampex Company di Redwood City, California,
  4. tahun 1957, Rusia meluncurkan sputnik,
  5. tahun 1969, Nasa pertama kali meluncur di USA,
  6. tahun 1971, penemuan mikroprosesor, the central processing unit, atau lempeng semikonduktor oleh Ted Hoff,
  7. tahun 1975, microcomputer pertama, Altair 8800, dijual. Dan HBO menemukan program transmisi untuk system kabel TV dari satelit,
  8. tahun 1976, system teletext pertama ditemukan oleh dua jaringan TV Inggris (BBC dan ITV),
  9. tahun 1977, Qube, system interaktif kabel TV, pertama kali dioperasikan di Colombus, Ohio.
  10. tahun 1979, system videotext pertama kali di gunakan oleh the Britis Post Office.

Dengan adanya information society, dapat menigkatkan produksi agricultural. Hal itu terjadi karena kita bisa dengan mudah menjual hasil pertanian atau alam kepada orang lain secara log in melalui website. Kita juga bisa bertransaksi tanpa bertatap muka (face to face) dengan adanya handphone sehingga lebih mengefisien waktu. Agricultural society ini juga lebih berkembang dengan adanya industrial society. Karena segala bentuk pengolahan bisa dilakukan dengan menggunakan mesin.

Industrial society maju dengan pesatnya dengan adanya information society. Suatu barang hasil industri akan banyak dilirik orang dan laku apabila dilakukannya diversifikasi produk-produk baru, membuat harga barang menjadi lebih murah dan terjangkau dan membuat iklan secara nasional. Iklan, selain di siarkan dari radio, televisi, dan media cetak, juga dimuat di media internet, sehingga banyak orang yang akan tertarik dengan produk tersebut.

Agricultural society dan industrial society, dalam perkembangannya dari masa ke masa sangat beruntung dengan lahirnya information society. Keberadaan agrikultural society dan industrial society di dalam information society sangat diperlukan di dalam kehidupan sosial bermasyarakat untuk menyeimbangkan, menyelaraskan, dan menyerasikan hidup kita. Karena kalau ke tiga komponen tersebut tidak saling mendukung, maka mereka akan saling merugikan diri mereka sendiri.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply